Rabu, 22 Januari 2014

seni dan sejarah mesir



Sejarah seni rupa Mesir kuno

Kesenian Mesir Kuno
 
Daerah sekitar aliran sungai Nil merupakan daerah pertanian yang subur yang dapat memberikan kemakmuran kepada rakyatnya, sehingga Mesir dapat mengembangkan kebudayaanya dengan baik. Sejak dahulu mereka sudah mengenal ilmu pengetahuan, kesenian dan sudah mengenal jenis tulisan yang disebut Hirogli
Bangsa Mesir mempunyai kepercayaan dengan berbagai kultus (pemujaan), yaitu kultus kematian, kultus Raja dan kultus Dewa, merekapun termasuk penganut Polytheisme (banyak Dewa), seperti Dewa Amon, Dewa Osiris, Dewa Hours, Dewa Isis, Dewi Hather dan sebaginya, dan dari kegiatan – kegiatan kepercayaan itulah muncul seni Mesir yang bersifat sacral, penuh magis dan misteri, mulai dari pembuatan mumi, seni lukis, seni patung sampai pada bangunan – bangunan yang monumental dan raksasa. Terutama seni bangunan dan seni patung dibuat dari batu kapur dan batu granit. Sehingga peninggalan – peninggalannya masih dapat kita lihat sampai sekarang  
a. Seni Bangunan (bangunan makan dan kuil) Mesir kuno
Bangunan makam yang disebut pyramid didirikan dari susunan batu kapur berbentuk limas segi empat yang didalamnya terdapat gang – gang / lorong menuju ke kamar Raja (Mummi Firaon), kamar premaisuri dan kamar harta. Salah satu Pyramid yang terkenal yaitu pyramid Khufu di Ghizah yang dianggap sebagi keajaiban dunia
Bangunan kuil di Mesir ada dua jenis, yaitu;

A.Kuil Abu Simbel, sekitar 1250 BC dibangun oleh Pharaoh Mesir Ramses II, di Mesir selatan. Didepan pintu masuk -keluar kuil berdiri masiv empat patung Raja Ramses II yang sedang duduk.
  B.Kuil Al Karnak, Kira-kira 1,500 BC. Banyak kuil yang dibangun di Al Karnak, yang paling utama adalah dibuat oleh Thutmose III, yang menguasai Mesir 1400s BC. Tulisan Hieroglyphs pada dinding kuil menceritakan peristiwa tentang kehebatan militer Thutmose's dalam memperluas kerajaan Mesir hingga Asia dan Afrika
Hypostyle Hall (Ruang Hipostilium), Kuil Amon di Karnak, ditunjang oleh 100 tiang, masing-masing tiang tinggi 20 m. Dibangun oleh Ramses II tahun 1200s BC.
C.Piramida Agung Giza adalah bagian utama dari kompleks bangunan makam yang terdiri dari dua kuil untuk menghormati Khufu (satu dekat dengan piramida dan satunya lagi di dekat Sungail Nil), tiga piramida yang lebih kecil untuk istri Khufu, dan sebuah piramida "satelit" yang lebih kecil lagi, berupa lintasan yang ditinggikan, dan makam-makam mastaba berukuran kecil di sekeliling piramida para bangsawan. Salah satu dari piramida-piramida kecil itu menyimpan makan ratu Hetepheres (ditemukan pada tahun 1925), adik, dan istri Sneferu serta ibu dari Khufu. Juga ditemukan sebuah kota, termasuk sebuah pemakaman, toko-toko roti, pabrik bir, dan sebuah kompleks peleburan tembaga. Lebih banyak lagi bangunan dan kompleks ditemukan oleh Proyek Pemetaan Giza.
Beberapa ratus meter di barat daya Piramida Agung terdapat sebuah piramida yang sedikit lebih kecil, Piramida Khafre, salah satu penerus Khufu yang juga dianggap sebagai pembangun Sphinx Agung, dan beberapa meter lebih jauh ke barat daya adalah Piramida Menkaure, penerus Khafre, yang ketinggian piramidanya sekitar separuhnya.
Perkiraan waktu penyelesaian Piramida ini disepakati sekitar tahun 2560 BC.[3]
Wazir Khufu, Hemon, atau Hemiunu, dipercaya sebagai arsitek dari Piramida Agung.[4]
 
1)Piramida Mesir Khufu (Khufu Pyramids) sungguh mengagumkan. Bangunan kuno yang menyimpan pemikiran cerdas ini memiliki design arsitektur dan sipil serta metode konstruksi yang maju ini ternyata pemegang rekor bangunan tertinggi dunia selama sekitar 3800 tahun.

Piramida Di Mesir ( Egytian Pyramid )
Mesir memiliki sekitar 118 piramida dengan berbagai ukuran. Di antaranya terdapat lebih 30 piramida yang berukuran besar. Lokasi piramida tersebut umumnya berada di jalur sungai Nil (river Nile) yang menunjukkan peran sungai ini dalam pembangunan piramida di Mesir.

Peta Piramida Mesir ( Egyptian Pyramid )
Di Giza terdapat kompleks piramida yang menyimpan banyak sekali keajaiban dimana yang terbesar adalah piramida Khufu. Piramida inilah yang paling terkenal dan menunjukkan tingginya peradaban Mesir saat itu.


Peta lokasi piramida Khufu di Kompleks piramida Giza

Keistimewaan Piramida Khufu
Bangunan ini bukanlah sembarang bangunan kuno. Ukurannya yang fantastis untuk ukuran bangunan di jamannya telah menghasilkan banyak misteri dan juga keistimewaan yang menunjukkan kemajuan peradaban Mesir pada masa itu. Berikut adalah beberapa keistimewaan Piramida Khufu.
  • Piramida mesir (Khufu) yang merupakan satu dari The famous seven wonders of The Ancient World dan menjadi lambang pada uang 1 Dollar Amerika. Jika dibandingkan dengan Empire State Building di New York, piramida atau piramida ini lebih besar 30 kali lipat dan bahkan bisa terlihat dari bulan.

Piramida Khufu
  • Tahun 1880, bapak arsitektur modern yakni William F menuturkan bahwa teknik pengamatan yang begitu akurat, pembuat bangunan di luar dugaan bisa menjaga keakuratan super tinggi di atas bangunan yang besar ini. Sebab toleransinya hanya 1.5 inci (3.8 cm), meski bangunan modern sekalipun juga sulit menyamainya. Ilmuwan memperkirakan bahwa jika hendak mencapai taraf teknik tinggi seperti piramida besar ini sedikitnya butuh evolusi ribuan tahun.
  • Dibangun dengan memasukkan unsur astronomi dimana piramida ini merupakan bagian dari konsep sabuk Orion. Tiga piramida Giza (salah satunya Khufu) memiliki jarak antar piramida yang sangat akurat terhadap posisi 3 bintang sabuk Orion (bintang Alnitak, Alnilam, dan Mintaka). Akurasi sudut hanya meleset 0,1364 derajat.

Kompleks Piramida Giza

Kompleks Piramida Giza dan Sabuk Orion
  • Memiliki kesejajaran pada empat arah mata angin. Penyimpangan ke arah utama hanya 1/12 derajat. Padahal pada masa itu belum ada kompas yang baru ditemukan pada tahun 1500 Masehi.
  • Jarak antara empat sisi dasar memiliki korelasi dengan lingkaran bumi
  • Perimeter piramida dalam inchi adalah jumlah hari dalam 100 tahun (36.542 hari)
  • Rasio antara panjang perimeter dasar dan tinggi piramida adalah 3,14 atau nilai phi dalam matematika.
  • Temperatur di dalam piramida berada dalam kondisi tetap yaitu 68º F atau sama dengan temperatur internal bumi.
  • Struktur Piramida sangat rumit. Terdapat lorong dari ruang makam ke langit yang dibuat sangat lurus sempurna.

Denah piramida Khufu
  • Patung sphinx yang berada di dekat piramida Khufu dibangun jauh sebelum piramida khufu dibangun (10.000 – 11.000 SM)
  • Merupakan piramida tertinggi yang ada di Mesir yang totalnya sekitar 118 piramida. Piramida Khufu memegang rekor sebagai bangunan tertinggi di dunia selama hampir 3800 tahun dan rekor terpecahkan ketika Menara Eiffel selesai dibangun pada 1889 dengan tinggi 324 m.

Piramida Khufu (Cheops) yang berada di Giza, yang merupakan piramida yang terbesar dari lebih 30 piramida besar lainnya. Piramida ini merupakan bangunan makam Pharaoh Khufu (Cheops) yang memerintah dari 2551 SM – 2528 SM. Raja Khufu adalah Firaun kedua dari Dinasti keempat yang mewarisi tahta saat berusia dua-puluh tahunan. Pada usia muda, Raja ini sudah mempunyai rencana besar yaitu membangun makammya sendiri. Khufu inilah yang kemudian menjadi Firaun pertama yang membangun sebuah piramida di Giza dan memulai suatu periode pembangunan monumen yang mampu bertahan hingga ribuan tahun.
Design Piramida

Piramida Khufu adalah piramida yang terbesar. Dibangun selama 23 tahun. Sejarawan Yunani bernama Herodotus menyebut bahwa masa persiapan pembangunan adalah 10 tahun dan pelaksanaan pembangunan adalah 20 tahun. Adapun design piramida ini adalah sebagai berikut:
  • Tinggi awal 146,59 m. Saat ini mejadi 138,75 m yang menyusut akibat erosi.
  • Lebar sisi tapak 230 m
  • Luas tapak 53.065 m2
  • Sudut 51,8º
  • Terbuat atas susunan batu yang dipasang secara vertikal sebanyak 210 lapis. Jumlah batu 2.500.000 dengan ukuran rata-rata batu sekitar 1,27 x 1,27 x 0,71 m atau volume 1,145 m3. Jenis batu yang digunakan terbanyak adalah limestone lalu yang lain adalah granit (untuk interior seperti King’s Chamber) d
  • Altitude 60 m di atas permukaan laut
  • engan berat jenis batu sekitar 2,6  – 2,9 ton/m3
  • Berat total piramida adalah sekitar 6,5 juta ton sehingga tekanan tanah yang terjadi adalah sekitar 12 kg/cm2.

Gambar Susunan Batu Piramida Khufu


2)Piramida terbesar kedua di Giza-Mesir, Piramida Khafre, telah dibuka kembali untuk wisatawan setelah 10 tahun lebih menjalani pemugaran. Bilamana anda berkunjung ke Mesir, maka anda bisa berkunjung ke piramida khafre ini dan menelusurinya untuk melihat lihat bangunan kuno bangsa mesir lengkap dengan 6 makam kuno di dalamnya.
Bilamana kita membicarakan wisata di Negara mesir, maka yang terlintas di benak kita pertama kali tentunya piramida. Bangunan raksasa ini berada di kompleks kuno Giza, tak jauh dari ibukota Mesir yakni Kairo. Daerah Giza sendiri mempunyai 3 kompleks bangunan besar yakni Piramida Khufu, Piramida Sphinx, dan Piramida Khafre.
Dalam kurun waktu 10 tahun kebelakang, piramida Khafre menjalani pemugaran yang diusahakan sedemikian hingga untuk mempertahankan bentuk asli nya dan membenahi kerusakan kerusakan yang dialami.Piramida Khafre mempunyai 6 makam kuno, dimana salah satunya merupakan makam Ratu Meresankh III yang penuh pahatan dan patung-patung berusia ribuan tahun. Lorong-lorong berkelak kelok yang berada di dalam piramida ini menggambarkan bagaimana jeniusnya seniman dan pemahat batu pada zaman ribuan tahun yang lalu di Mesir. Muhammad Ibrahim, Menteri Purbakala Mesir dalam situs News Australia, pada hari Jumat (12/10/2012) mengatakan bahwa dia sangat senang dengan pembukaan kembali piramida khafre setelah menjalani pemugaran dan tertutup untuk umum selama 10 tahun belakang ini. 
meskipun piramida ini sudah berusia ribuan tahun, namun eksplorasi menyeluruh Piramida Khafre baru dilakukan tahun 1818. Di tahun 1990, Kementerian Negara Kepurbakalaan Mesir (MSA) baru menyadari bahwa kunjungan wisatawan ke piramida ini semakin meningkat setiap tahunnya, namun sayang bahwa ada tangan tangan usil yang menimbulkan kerusakan di dalam piramida. 
3)piramida menkaure berlokasi di Dataran Giza pada barat daya pinggiran kota Kairo, Mesir, adalah yang terkecil dari ketiga Piramida Giza. Piramida ini dibangun untuk menjadi makam Firaun dinasti keempat Mesir, Menkaure.Piramida Menkaure memiliki tinggi asli 65.5 meter (215 kaki). Saat ini, tingginya adalah 62 m (203 ft) dengan dasar 105 m (344 ft).Sudut kemiringannya adalah kira-kira 51°20′25″. Piramida ini dibangun dengan batu kapur dan granit.Tanggal pendirian piramida ini tidak diketahui, karena masa pemerintahan Menkaure belum ditentukan secara pasti, tapi piramida ini kemungkinan diselesaikan semasa abad 26 SM. Letaknya berjarak beberapa meter barat daya dari tetangga terdekatnya, Piramida Khafre dan piramida khufu

Piramida Cheops (Khufu): Pyramid of Menkaure  
D.Sphinx, adalah patung singa bermuka manusia yang juga merupakan obyek penting dalam penelitian ilmuwan, tingginya 20 meter, panjang keseluruhan 73 meter, dianggap didirikan oleh kerajaan Firaun ke-4 yaitu Khafre.Namun, melalui bekas yang dimakan karat (erosi) pada permukaan badan Sphinx, ilmuwan memperkirakan bahwa masa pembuatannya mungkin lebih awal, paling tidak 10 ribu tahun silam sebelum Masehi.

 b. Seni Patung Mesir Kuno
Berdasarkan sikap tubuhnya, patung Mesir dibedakan menjadi:
- Patung Kourus, yaitu patung Dewa/Raja, memakai tutup kepala berdiri tegap, tangan kanan dikepalkan disamping dan kaki kirinya dilangkahkan kedepan
- Patung kore, yaitu patung Dewi/ratu yang ciri – cirinya sama dengan kourus hanya kaki kirinya tidak melangkah dan berpakain lengkap. patung dalam bentuk lain disebut Sphynx, yaitu patung berkepala Raja berbadan singa
c. Seni relief / Lukis Mesir Kuno
Ditemukan pada lembaran papyrus, peti mati dan dinding. Kesan yang ditampilkan bersifat dekoratifilustratif dan simbolis. Sedangkan cara menggambar objeknya yaitu:
- Bersifat ideoplastis, mengungkapkan apa yang dipikirkan dan bukan yang dilihat sebenarnya
- Menggunakan prespektif batin, artinya menggambarkan besar kecilnya objek bukan ditentukan oleh jarak pandangan melainkan berdasarkan martabat orang yang digambarkan. Misalnya gambar seorang Raja lebih besar dari pada rakyatnya
d. Seni Musik dan Seni Tari Mesir Kuno
Sesuai dengan perkembangan kebudayaan merekapun pada saat itu sudah mengenal seni Tari dan musik. Hal ini berdasarkan pahatn mereka (relief) pada dinding bangunan. Diantaranya terdapat adegan yang sedang memainkan suling dan harva serta adegan Tari Tarian ritual sesuai dengan kepercayaan mereka pada saat itu

B.Mumi
Mummy Ialah Sebuah mayat yang diawetkan dengan cara dibalsem (diberi ramuan-ramuan) agar mayat tidak hancur dan biasanya pembalsaman dilakukan kepada mayat pembesar mesir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar